Kontrasepsi

Beragamnya alat kontrasepsi yang beredar dikalangan masyarakat saat ini, ternyata masih belum bisa memenuhi semua kriteria yang diharapkan oleh sebagian orang khususnya para wanita yang ingin menghambat terjadinya kehamilan. Dari mulai yang berjenis Implan,IUD,Pil & Suntik Hormonal sampai Kondom, walaupun dalam skala kecil tetapi masing-masing mempunyai efek samping yang dapat mempengaruhi kesehatan maupun kenyamanan bagi wanita yang memakainya.Untuk itu para wanita yang ingin menggunakan kontrasepsi, diharapkan bisa lebih jeli dalam memilih dan setidaknya mengetahui baik & buruk/efek samping dari pemakaian alat kontrasepsi yang dipilih tersebut, karenanya sangat disarankan untuk berkonsultasi pada pelayan kesehatan maupun bidan terdekat sebelum memutuskan menggunakannya.

Belakangan sudah beredar pula alat kontrasepsi yang diperuntukkan bagi pria (vasektomi). Hal ini sangat berguna bagi para wanita,yang mungkin saja sebagian dari wanita tersebut mempunyai masalah dengan kesehatannya sehingga tidak dapat menggunakan alat kontrasepsi yang tersedia. Sayangnya kesadaran para pria yang mau ber-vasektomi masih rendah. Hal ini mungkin disebabkan masih banyak pria yang belum begitu paham dengan manfaat dan cara kerja vasektomi tersebut. Bahkan ada pendapat dari beberapa pria yang menganggap bahwa persoalan memakai kontrasepsi adalah urusan para wanita. Padahal jika saja para pria bisa lebih memahami manfaat vasektomi tersebut, tentu akan sangat membantu para wanita.

Tindakan vasektomi tidak memerlukan pembedahan walau dalam sekala minor, cukup dengan memotong dan menyumbat (mengikat) saluran yang berfungsi sebagai penyalur spermatozoa . Dengan pemotongan dan pengikatan saluran benih ini, maka sel benih yang diproduksi pada buah zakar tidak bisa keluar dan terbendung pada saluran benih bagian sisi testis yang diikat. Akibat pemotongan dan pengikatan saluran benih ini, fungsi buah zakar sebagai organ yang menghasilkan sel benih jantan dan hormon kelamin tidak akan terganggu, sehinga nafsu birahi pada pria yang menjalani vasektomi tidak akan mengalami perubahan apalagi terganggu. So Don't be Worry....

Dengan sedikit penjelasan tersebut, semoga dapat membuka mata para pria agar bisa mengambil sedikit dari sekian banyak tanggung jawab para wanita dalam menjalani kehidupan berkeluarga.

0 komentar:

Posting Komentar

apa katamu??