cermin diri

" Jika kamu merusak / meruntuhkan nama baik atau citra orang lain...baik disengaja atau tidak....itu sama seperti kamu MELUDAHI angin...yang akan mengotori muka kamu sendiri.
Kamu tidak akan pernah BISA menjelekkan orang lain, tanpa merusak reputasi kamu sendiri " master Cheng Yen


Mungkin selama ini kita tidak menyadari bahwa terkadang kata2 yg kita ucapkan telah melukai perasa'an orang lain,terkadang juga kita sering lupa...hingga terus membicarakan orang sampai berlanjut tanpa ada batas2nya....

Menjelekkan orang lain.... baik secara langsung ataupun menjelek2kan dalam hati...itu sama saja nilainya....yg membedakan hanya efeknya....kl kita menjelekkan orang lain secara langsung....maka pada saat itu juga orang2 akan tau dan bisa menilai qualitas diri yang kita miliki....seberapa baik atau jelek kah???...itu tergantung dari penilaian setiap personal itu sendiri.
Dan jika kita menjelekkan dalam hati....efeknya tidak akan merusak reputasi diri dihadapan orang lain....tapi bisa merusak hati dan fikiran dengan kebencian dan kesyirikan... yang pada akhirnya pandangan2 hidup kita menjadi sempit, selalu merasa curiga dan hati tidak akan pernah tenang.

Sebenarnya....pada saat bercerita (menjelekkan orang lain)....wajah orang yang bercerita tersebut sudah memperlihatkan wajahnya yang sangat jelek...tanpa ia sadari...ffffhhhh....

0 komentar:

Posting Komentar

apa katamu??